Slackbuild 15 Sudah Rilis!

Langsung saja ke https://slackbuilds.org dan cek repo 15 sudah tersedia.

Cara paling mudah untuk terhubung ke repo slackbuild ini dengan menggunakan sbopkg. Download dan install tool ini terlebih dahulu. Versi akhir sbopkg saat ini 0.38.2. Tanda $ sebagai user biasa, sedang # sebagai root. Anda dapat menggunakan sudo jika ingin.

$wget https://github.com/sbopkg/sbopkg/releases/download/0.38.2/sbopkg-0.38.2-noarch-1_wsr.tgz

#installpkg sbopkg-0.38.2-noarch-1_wsr.tgz

#sbopkg

Jangan lupa melakukan sinkronisasi setelah terinstal. Pilih Sync. (Sekali tempo jalankan sync agar script program baru dari tetangga yang di-submit ke situs slackbuild ikut tampil).

Semisal ingin menginstal nec2 (Program aplikasi untuk modeling antena) : Lakukan search langsung dan ketik nama program tersebut. Atau browsing bertahap… jika Anda lupa detil penulisannya.
Ok, sudah ketemu nec2c.
Baca README untuk mengetahui info depedency (Requires).
Tidak ada depedency atau requires yang diperlukan terlebih dulu.
Langsung ke Process!
Pilih Install!
Start!
Program nec2c sudah terinstal. Prosesnya : Sbopkg akan mendownload source code, melakukan kompilasi, build, dan instalasi.

——————————

File konfigurasi sbopkg ada di /etc/sbopkg/sbopkg.conf

Kumpulan script ribuan program dari slackbuild ini ada pada /var/lib/sbopkg/SBo. Mungkin Anda ingin mengkopi sebagian script ke tempat lain dan memodifikasi secara privat. Source code hasil download ada di /var/cache/sbopkg. Sedang binary hasil kompilasi ada di /tmp. Anda dapat memindahnya ke tempat lain jika ingin.

Anda dapat memodifikasi secara on spot script slackbuilds lewat sbopkg dan menyimpannya. Editor yang disediakan adalah Vi lol. Untuk program yang membutuhkan kompilasi sampai 1/2 tahun, biasanya saya memodif make -j4 agar semua core pada CPU komputer jalan. Default slackbuild adalah 1 core yang jalan.

——————————-

Proses kompilasi dan build memakai /tmp. Jika Anda ingin memindah proses ini ke RAM maka tambahkan bagian ini ke /etc/fstab. Jelas dengan resiko, setiap kali restart semua data pada /tmp akan hilang hehe. Jika miskin RAM tidak perlu dilakukan. Jika kaya RAM dan Anda menggunakan SSD, hal ini layak dipertimbangkan. Patokan maksimal separuh jumlah RAM sudah oke. Contoh di bawah digunakan 8G dari total RAM 16G. Catatan : untuk kompilasi Kicad-packages3D, sediakan 12G :).

tmpfs            /tmp             tmpfs       defaults,noatime,nosuid,nodev,mode=1777,size=8000M 0 0

Ok, semoga berguna!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s