Nafas Baru Thinkpad X230

Revisi 22092022 : bukan M2 tapi mSATA yang digunakan. Kecepatan port mSATA pada x230 setara SATA 2.

Jika seorang nelayan belahan jiwanya perahu, maka diri ini belahan jiwanya komputer lol. Perahu bocor ditambal, laptop jebol ganti motherboard. Iya laptop jadul ini turun mesin supaya bisa dipakai lagi. Beli laptop bekas 3 jutaan, beli motherboard saja 800 rb. Pilihan akhir lebih ringan dikantong :).

Selama masa pandemi ini, lantaiku adalah mejaku. Ruang kerja dipakai anak, mengalah eksperimen elektronika di lantai saja. Karena tidak pakai solder, meja ini bisa dipakai.

Ada 2 Hardisk : SATA SSD 512GB untuk Linux Slackware 15.0 dan mSATA SSD 256GB untuk FreeBSD 13.0. Dual boot pakai LILO jalan lancar. BIOS EFI set ke Legacy karena tidak ada Ms Windows. Chip WLAN Intel Centrino N6205 bisa terdeteksi oleh FreeBSD dengan baik juga.

Motherboard lama ini thermal pastanya meluber. Apa yang dilakukan pabrikan tidak selalu sempurna. Saya menggantinya dengan Z10. Lebih baik daripada menggunakan pasta sikat gigi yang sama-sama nano material hehe bercanda!
Biasanya pakai thermal pasta murah meriah buat eksperimen elektronika, sekali tempo coba yang berkelas sedikit :). Z10 ini termasuk mahal, cuma tetap lebih murah dibanding kalau ngopi di kafe mall berdua lol.
Sekalian membersihkan FAN. Tembaga adalah penghantar panas dan listrik terbaik setelah emas. Kalau heatsink pakai emas, bisa-bisa harga heatsink lebih mahal dari laptopnya sendiri.
Antena untuk Bluetooth berupa jalur PCB saja. Baterai kancing juga waktunya ganti. Sebelumnya, saya menemukan HP Spectre X360 punya pin baterai CMOS yang berbeda dengan Thinkpad X230. Untuk Spectre X360 saya mesti memotong kabel baterai kancing dan membalik polaritasnya.
Kabel abu-abu ini jalur antena WIFI yang letaknya di belakang layar.
WLAN card Intel Centrino Advanced N
6205 dan mSATA. Untuk memory RAM pakai DDR3 16GB. Pakai 2x 8GB. Siap untuk lari marathon 🙂
Peralatan tempur hanya ini saja. Contact cleaner ini penting jika menyangkut peralatan komputer jadul. Setiap konektor atau soket mesti dibersihkan. Kaki-kaki memory, WLAN card, dan SSD.

Setelah habis 2 gelas kopi, akhirnya Thinkpad X230 berhasil nyala kembali. Nafas baru, semangat baru :). Lanjut instalasi OS…

Kopi… kopi… mana kopi?

___________________

Lampiran :

Tempat beli motherboard bekas : https://tokopedia.link/t0ibGWieQnb
Saya bukan afiliator ya..
Masih mulus? Hehehe. FreeBSD 13.0 saat instal program. Pakai XFCE 4.16 juga di FreeBSD.
Neofetch pada FreeBSD 13.0
Htop
Neofetch pada Slackware 15.0
Htop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s