IF Xtal Filter 3x 8 Pole (21G15D)

Iseng melakukan cascade (alias dirangkai seri dengan coupling kapasitor 10nF) 3x 8 pole xtal filter. Total jendral ada “24” xtal :). GMCF21G15D merupakan MCF (Miniature Crystal Filter). Ide ini gara-gara total IF gain pada rangkaian strip IF terlalu besar. Ini untuk band 40M ya. Saya menggunakan 3 blok TIA ala Wes Hayward.

Diluar dugaan hasilnya lumayan baik. Kompensasi redaman mereduksi noise dan signal gangguan lain yg bisa didengar kuping. Signal modulasi jelas dan bersih. Tidak ada cacat modulasi. Serasa utuh modulasinya. Maaf, saya tidak ada alat ukur RF memadai. Oscilloscope pun di rumah teman belum kembali lol.

Saya lakukan eksperimen ini pada rangkaian double conversion. IF pertama 21,4MHz dan IF kedua 10MHz. Total gain 16dB+16dB+22dB.

Secara logis, filter yang dicascade akan semakin besar redamannya. Dari datasheet, sebuah 21G15D punya spek +-25KHz dari center frekuensi semua signal akan diredam -90dB. Jika di cascade 3x, bisa jadi +-25KHz dari center frekuensi akan teredam -270dB. Mungkin ya..

Sedang center frekuensi akan punya redaman 3x3dB=9dB. Cukup untuk mengurangi gain berlebih. Efek lain lebar bandwidht akan berkurang juga. MCF ini punya bandwidth 15KHz atau +-7,5KHz dari center frekuensi. Seberapa besar pengurangan bandwidth? Tidak tau pasti :). Gampangnya kalikan 3x saja redamannya.

Karena impedansi input dan output =1500 Ohm, maka antar xtal MCF tinggal diseri saja tanpa matching. Hanya bagian awal dan akhir saja diperlukan impedance matching agar klop dengan 50 Ohm

Untuk IF kedua saya gunakan 4 pole xtal 10MHz. Mengapa tidak 8 pole sekalian? Stok xtal habis hehe. Saya pakai yang ada saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s