TT1-6 Mini-Circuits

Kapan lalu dapat komponen “bodolan” (komponen bekas) yaitu transformer RF MCL TT1-6 punya Mini-Circuits. Setelah melihat datasheet, transformer 1:1 dengan CT (Center Tap) ini bisa diakali untuk kombinasi impedansi lain.

Saya hanya praktek real impedansi 1:4 dari 50Ohm ke input ladder xtal IF yang punya impedansi 200Ohm dan jalan dengan lancar. Hasil kurang lebih sama dengan melilit sendiri bifilar pada toroid. Jadi kalau beli baru untuk project homebrew saya pikir terlalu mahal hehehe. Kecuali untuk project kritis radar drone anti kapal selam pesanan negara XYZ :).

Transformer ini perbiji dibandrol harga $6 oleh Mini-Circuits. Kecuali Anda dapat beli bekas dengan harga miring. Gulung sendiri saja lebih hemat.

Jika ingin memakai, ukur dulu sisi primer dan skunder dengan multimeter untuk cek apakah sambungan lilitan di dalam putus atau tidak. Atau sisi primer dan sekunder short circuit atau tidak juga.

Jumlah lilitan dan ukuran coil tidak dicantumkan. Tidak masalah, yang penting perbandingan impedansi jelas 1:1 antara sisi primer dan sekunder. Karena ada CT, maka kombinasi impedansi lain bisa dicari. Ingat pelajaran Fisika waktu SMP soal transformer?

Jika ingin 4:1 atau 9:4 misalnya, tinggal dibalik saja arahnya.

Jika digunakan konfigurasi 1:9, maka input impedansi 50Ohm akan menjadi 450Ohm. Jika 4:9, maka input 50Ohm akan menjadi 112,5Ohm.

Dot merah adalah kaki no 6. Lihat datasheet untuk keterangan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s