TIA+AGC ala Wes Hayward

Bulan Agustus 2021 lalu, Wes Hayward W7ZOI menulis artikel tentang AGC berbasis TIA. Begitu lihat, langsung jatuh hati ingin mencoba hehe. Cuma lebih condong manual saja..lhaaa…

Kebetulan rangkaian uji ini sesuai keinginan. Perubahan tegangan dilakukan secara manual oleh potensio 10K Ohm. Tujuan potensio ini sebagai pembagi tegangan. Juga sarana demo untuk menunjukkan fungsi AGC. Rangkaian detektor untuk suply tegangan ke rangkaian ini mesti dibuat jika ingin penguatan/pelemahan berjalan otomatis.

Prototip rangkaian AGC yang saya buat mode manual karena lebih senang punya IF gain yang diputar pakai jari tangan. Tidak pernah pakai headphone hanya speaker saja maka AGC bukan keharusan. Detektor AGC sendiri kalau ingin baik, rangkaiannya sendiri lebih ruwet daripada front end TRX hehe.

Hasil memuaskan :). Saya buat model ugly construction dengan versi 22dB gain. Ya seperti squelch. Kalau putar potensio ke kiri, signal IF akan semakin besar. Kalau putar ke kanan signal IF semakin kecil. Baiklah, arah putaran potensio ini hanya selera saja. Seperti model AGC lain, kontrol penguatan rangkaian ini lewat tegangan. Semakin besar/kecil gain akan semakin besar/kecil.

Transistor menggunakan 3904 yang murah meriah. Anda dapat menggantinya dengan MPS H10 jika ada. Hanya saja untuk JFET J310 berharga 5rb :). Saya belum mencoba apakah J310 bisa digantikan BS170 yang populer.

Baiklah ini hanya prototip uji coba saja. Masih belum tertata dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s