UglyB1tch v.01 Alpha

Draft 2 tahun lalu. Entah kenapa tidak saya publish saat itu. Mungkin ada yang kurang saya sudah lupa. Saya publish sekarang siapa tahu tetap berguna bagi yang lain. Jika tertarik, mohon dibaca dengan kritis.

Sesuai namanya, project ini tampilan luar dalam jelek hehehe. Dikerjakan model “ugly construction” berbasis BITX40 dan BIXEN. Fokus saya ada pada bagian Tx. Tapi saya menyelesaikan bagian DDS dan Rx lebih dulu. Ketika semua tanggungan selesai, baru melangkah ke bagian Tx.

Meski jelek, Final Mosfet Tx pakai MRF8S9260HS. Satu biji mosfet ini sekitar 1,3 Jt. Berhubung pakai bekas copotan pemancar BTS, hanya kena 35 ribu saja 🙂 (jika bisa murah, lebih baik pilih bekas. Lagian ini hobby). Ini Mosfet RF kelas UHF yang dieksploitasi untuk HF dalam project homebrew.

Batasan paling ketat dalam project ini adalah : space box yang mepet. Ruang untuk rangkaian berharga mahal. Rangkaian saling berdekatan satu sama lain. Mungkin belasan kali jari dan baku tangan saya kena cium solder sekejap.

Bagian Tx hanya dua tingkat saja setelah BPF. Sebuah 2SC2053 dan final Mosfet MRF8S9260HS. Rangkaian bagian 2SC2053 seperti exciter pada BIXEN. Dalam eksperimen, bagian driver BD139 saya hilangkan, karena ouput daya 12W sudah sesuai keinginan. Jika lebih besar, tidak ada tempat untuk heatsink. Transistor 3904 punya performa yang sama dengan 2053 dalam kasus ini (dengan rangkaian yang sama).

exiterbooster0001

Saya mengamati perbandingan 3 tingkat dan 2 tingkat lewat SDR HF yang dijadikan “spectrum analyzer”. Ternyata hanya 2 tingkat bisa tercapai daya 12W. Sedang 3 tingkat akan memberikan osilasi jika input dari buffer terlalu besar. Saya pilih yang lebih sederhana saja.

BD139-MRF8

C2053-MRF8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s