UglyB1tch – Dua Kegagalan

Namanya eksperimen, gagal adalah hal yang biasa. Yang penting tidak putus asa saja. Yang gak pernah gagal itu gak pernah coba. Mengambil hikmah atas Kegagalan itu lebih baik. Kata orang ya hehehe.

Pertama soal Xtal Ladder Filter. Gambar sebelah kiri adalah Xtal pilihan. Empat Xtal “identik” hasil seleksi dari 50 biji Xtal. Sebelah kanan Xtal diambil acak asal comot saja pokoknya filter jadi.

Fakta berbicara lain. Seharian saya tidak bisa menghilangkan satu noise “high pitch” sampai akhirnya saya kembalikan dengan Xtal Filter yang buatnya sekenanya. Noise hilang dan suara receiver lebih jernih.

Mungkin IF dengan Xtal 8MHz tidak cocok buat band 40M dalam kasus ini..Lhaaa. Terlalu banyak gangguan untuk LO sekitar 1 MHz yang dihasilkan. Sedang Xtal 12 MHz LO yang dikeluarkan 5MHz lebih tahan noise. Padahal sisi lain, frekuensi lebih rendah lebih stabil.

Kedua, soal coba-coba Direct Conversion. Karena UglyB1tch model modular, buat ubah atau bypass rute termasuk mudah. Keluaran dari penguat Mixer pertama saya by pass dan hubungkan langsung dengan AF. Frekuensi VFO DDS saya ubah modenya jadi direct bukan pakai offset. Jadi apa yang tertera di LCD itu frekuensi yang ditampilkan. Hasilnya suara kecil sekali dan hampir tak terdengar. Saya tambah penguat awal, hasilnya tambah kuacau keluar suara mendengung keras.

Memodifikasi double conversion jadi single conversion tak semudah membalik telapak tangan 😁 Apalagi platform sebelumnya adalah double conversion. Lebih baik buat dari awal dengan konsep yang beda.

Sisi hiburannya, UglyB1tch sudah dilalui signal yang dipancarkan dari hampir seantero Indonesia 🙂 Mulai dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung Jogja, Solo, Malang, Sidoarjo, Bali, Lombok, Kalimantan,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s