Debug ala Ndeso

Urusan sama program orang lain yang gak jalan itu gampang-gampang susah. Apalagi jika menyangkut hardware. Entah mana yang salah hehhee. Seringkali, lebih enak buat sendiri program itu (daripada baca pikiran orang lain yang kadang ruwet). Tapi hal ini seringkali malas karena: “Kenapa mesti bikin lagi? Khan sudah ada?”

Ada banyak program jadi juga open source terkait chip Si5351 yang terhubung Arduino Nano. Yang lengkap juga ada mulai dari input encoder untuk menyasar frekuensi yang dituju, sampai tampilan LCD nan keren. Jika hardware Anda 100% sama dengan pembuat program tersebut maka jalan mulus beserta Anda. Jika melakukan modifikasi, maka penyesuaian perlu dilakukan.

Tak ada langkah terbaik selain menguji bagian demi bagian. Satu bagian hardware, satu bagian software. Pastikan dulu hardware beres baru debug program.

Trus ndesonya di mana?

Ini gak pakai debugger canggih sampai tau nilai bit register dan alamat memory segala. Apalagi menjalankan list program instruksi demi instruksi.

Saya sebut “trace trap”. Kirim data serial sembarang pada tiap bagian program secara berurutan. Ini proses sekuensial alias berurutan. Jika bagian pertama belum beres, bagian berikutnya pasti kacau. Jika bagian ke-3 belum jalan, bagian ke-4 dan seterusnya pasti gak jalan. Jadi membagi program besar menjadi bagian demi bagian dan mengujinya satu persatu sesuai tahapan.

Apa lebihnya cara ndeso ini? Lebihnya, cara pandang Anda dimulai dari makro ke mikro. Mengetahui garis besar dan urutan program berjalan. Setelah itu lanjut ke lingkup mikro. Jika Anda terjebak ke urusan register lebih dulu, silahkan nikmati kepusingan yang terjadi.

Jika tetap gak jalan? Udah tinggal ngopi dulu aja hehehhe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s