Audio Spectrum Analyzer

Satu alat bantu saat eksperimen dengan suara adalah grafik suara tersebut :). Kuping mendengar dan mata melihat grafik spektrum suara tersebut.

Ada banyak aplikasi di smartphone yang bisa diunduh. Saya menggunakan “speccy” di Android.

Grafik bagian bawah dikenal dengan istilah “waterfall” sangat populer di dunia radio komunikasi saat ini. SDR (Software Define Radio) tidak terlepas dari grafik ala “waterfall” ini. Tapi yang ditampilkan rentang frekeuensi radio tersebut. Teknology yang asalnya punya militer sudah diadopsi untuk sipil.

Pada grafik waterfall ada 2 pola yang menonjol. Coba tebak suara apa itu? Pada bagian atas adalah suara anjing menyalak. Bagian bawah adalah kokok ayam jago. Bahkan suara click saat melakukan screenshot juga terekam baik. Anda bisa menemukan yang bagian mana?

Kuping manusia normalnya bisa mendengar suara dengan frekuensi dari 20Hz-20KHz. Suara manusia berkisar 2-3KHz. Suara dari musik punya spektrum lebih luas lagi.

Sejatinya Anda akan menemukan suara-suara yang terabaikan saat bermain dengan spektrum audio. Semisal suara AC, deru kendaraan, dan keramaian yang terjadi terus menerus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s