Testing Amplifier HF 750W dengan 4x BLF8G10LS-270

Mencoba 4x mosfet ini dengan prediksi awal bisa mencapai angka 750W dengan transformer output impedansi 1:25. Angka ini bisa tercapai dengan input 1,5W dan Idq total 1000mA. VDS=28V dan Arus puncak yang tampak pada jarum amper meter 40A lebih. Output drain mosfet diparalel dan input menggunakan splitter.

Saya hanya mencoba di band 40m saja. Skema tidak saya tampilkan karena eksperimen ini masih mentah, dan tujuan utama saya untuk menjawab pertanyaan apakah 4x mosfet ini bisa mencapai angka 700W+.

Jika 4x mosfet ini bisa mencapai 750W, maka dengan transformer 1:36 angka 1KW (prediksi saja) bisa dicapai sebagai top speed nya. Tiap mosfet mampu mengemban beban sampai 270W. Tapi tidak berarti jika pakai 4 mosfet output tinggal dikalikan hehehe, hasilnya pasti kurang karena faktor loss. Mungkin 6x mosfet lebih ideal karena mosfet tidak “ngoyo”

Pada input digunakan splitter 0 derajat untuk supply ke gate mosfet. Toroid saya gunakan FT50-43. Biasanya saya menggunakan kapasitor, tapi ingin mencoba cara lain. Pada saat ujicoba dengan output 500W (untuk 750W saya belum coba band lain), 4x mosfet ini drop sampai 150W diband 10M. Tapi hanya menggunakan kapasitor saja di input, output di band 10M drop mendekati 0 W.

Kabel untuk transformer output, karena kehabisan kabel lapis teflon, saya gunakan RG-316 yang saya pakai sisi luar dan dalamnya. Sebelumnya mencoba kabel standar 2,5mm2 untuk 5 lilit susah untuk dimasukkan ke toroid dengan diameter 2,5Cm. Pakai kabel standar rumah tangga? Bisa saja kalau kepepet. Kulit luar kabel ini tidak tahan panas. Jika terkena solder, kulit kabel standar sudah leleh 🙂

2 tanggapan untuk “Testing Amplifier HF 750W dengan 4x BLF8G10LS-270

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s