Draft 1 KW Linier Amplifier HF dengan Transformer Input Serial

Beberapa hari lalu berdiskusi dengan OM Daryono soal amplifier ini. Beliau menganjurkan untuk men-seri transformer input ala WA2WVL untuk meminimalkan efek Ciss besar karena hubungan paralel dari mosfet kelas Irex.

Saya masih gagal untuk eksperimen ini. Mungkin penyebabnya penggunaan toroid input dengan material 73. Saya kehabisan stok untuk toroid tipe 43 jadi masih belum bisa mencoba lagi.

Beda dengan rancangan umum yang menggunakan rangkaian splitter & combiner untuk memisahkan setiap pasang mosfet dan menggabungnya kembali agar efek Ciss hanya “terhitung” sepasang saja, maka rancangan ini tetap paralel di output drain mosfet. Hingga batasan mosfet yang dipakai bisa 6x, 10x, 14x mosfet jika ingin. Sayap kiri atau kanan bisa angka ganjil untuk mosfetnya.

Transformer output yang dipakai hanya sebuah saja jika paralel Drain. Jika menggunakan splitter & combiner maka tiap pasang mosfet memerlukan transformer output.

Kebetulan ada palet eksperimen 8x push-pull mosfet yang terhubung paralel (4x kiri & 4x kanan). Bagian input hanya 1 transformer saja. Saya berencana memodifikasi bagian input dan ingin mengetahui hasilnya.

Pada palet ini tidak terpasang LPF karena ingin diketahui respon frekuensi di band atas. Patokan standar adalah 40m band. Apakah amplifier hasil modifikasi ini nantinya bisa ditarik sampai 20m & 10m band adalah pertanyaan menarik. Sengaja dipakai mosfet dengan Ciss 4200pF. Sedang mosfet yang terpasang saat ini IXFH21N50.

Hasil modifikasi yang masih gagal

Toroid input material 73 menghasilkan nilai induktansi jauh lebih besar dibanding material 43 untuk lilitan yang sama. Saya menggunakan material 73 karena itu yang saya punya. Eksperimen ini perlu komponen ini sebanyak 8x. Sedang saya malas melilit di toroid semacam FT50-43 karena alasan konstruksi yang melayang saja.

Beberapa pemikiran soal daya supply untuk amplifier ini. Saya lebih cenderung memakai tegangan 50V keatas agar arus yang ditarik lebih kecil.

Untuk daya 1 KW RF katakanlah dengan efisiensi 50%, maka dibutuhkan daya supply 2 KW DC mininal. Dengan supply VDS 13,8V maka arus yang ditarik bisa mencapai 2000W/13,8V=144,9A. Butuh power supply besar 🙂 Jika VDS =50V, maka hanya butuh 40A saja. Jika 100V arus yang ditarik 20A saja. Kelebihan mosfet Irex adalah tersedianya mosfet dengan VDS sampai 1 KV :). Untuk IXFH21N50 bisa menanggung VDS sampai 1/4 x 500V =125V. Angka 1/4 agar sisanya 3/4 untuk jaga-jaga spike yang terjadi tidak melampui 500V.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s