Tes Tx SSB 40M Band

Iseng “menembak” satu stasiun penerima WebSDR yang punya lokasi di Singapura. (OJ11WH – Operated by Martin 9V1RM). Memakai IC-718 plus Linear Amplifier homebrew yang dimotori IRFP 450.

Antena sederhana saja. Pakai model 1/2 Lambda kabel diameter 2,5 mm. Panjang antena sekitar 20M.

OJ11WH-9V1RM

Kondisi (propagasi) tidak selalu ideal. Kali ini perlu daya 25W untuk bisa diterima. Dengan kata lain, linear amplifier HF tidak diperlukan sebenarnya.

Garis hitam pada peta saya gambar melengkung, karena signal SSB 40M band sejatinya dipantulkan oleh lapisan Ionosfer. Pola pancaran seperti telur oval. Posisi antena saya saat ini efisien untuk signal memancar ke arah Timur -Barat.

Ini ciri khas signal SSB (Single Side Band) yang efisien untuk urusan daya dan cara kerja. Jika Signal berjalan lurus ala FM (Frekuensi Modulasi) bisa jadi perlu ratusan sampai ribuan watt untuk sampai. Ada kemungkinan signal RF tak sampai karena terhalang gunung atau gedung.

peta1

WebSDR dengan mudah dapat memberikan umpan balik soal modulasi dan performa pemancar tanpa campur tangan operator. Fasilitas record juga tersedia jika diinginkan.

Terakhir, mengoperasikan pemancar secara normal perlu ijin. Meski dalam status Riset (istilah keren dari eksperimen), lakukan secara bertanggung jawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s