Kencan sama Noise & Osilasi Tx SSB 40M Band

Setelah kegagalan berulangkali, akhirnya noise tingkat tinggi dan osilasi pada Tx SSB 40M band bisa diatasi. Ini project saya berkaitan sama mixer aktif NE612. Pemancar SSB ini menggunakan Mosfet IRF510 sebagai final transistor. Sedang driver digunakan BD139. VFO dan BFO menggunakan si5351.

Penyebab utama noise dan osilasi pada kasus ini ternyata hubungan antara PC dengan perangkat Arduino yang menjalankan si5351. Kabel USB untuk supply tegangan dari PC sekaligus penyumbang faktor noise terbesar sekaligus penyebab oscillation pada pemancar. Karena asyik mencoba bebarapa konfigurasi BFO dan VFO, power supply Arduino Nano ikutan nebeng di PC. Jadi tinggal mengubah sumber supply dari PC ke board Tx agar Arduino nano maupun si5351 dapat jalan mandiri tidak tergantung dari supply PC.

Hal lain grounding yang lupa terhubung. Kelihatan sepele, tapi sangat vital untuk meredam dengung. Saat test Rx mungkin tidak terasa karena tertutup desis khas penerima SSB. Tapi saat Tx/pemancar jalan, ini perkara yang tidak bisa disepelekan. Dengung ini bisa jadi osilasi dan terjadilah longsoran salju- Avalanche. IRF510 memancar dengan model full power dengan distorsi harmonic yang memenuhi spektrum frekuensi.

Pre-Amp mic dan microphone juga penyumbang osilasi jika tidak tepat. Saya menata ulang letak pre-amp agar tidak dekat dengan VFO/BFO juga output Tx. Hal ini untuk mencegah loop frekuensi tinggi yang bocor masuk ke saluran pre-amp.

Hal terakhir yang konyol. Saat melakukan tes Tx, saya butuh umpan balik dari rig Ic-718 dan RTL-SDR v3. Ini juga penyebab loop tanpa akhir. Suara yang di keluarkan rig maupun RTL-SDR diputar balik ke mic Tx untuk dipancarkan ulang dan begitu seterusnya hingga osilasi terjadi. Cara mudah mengatasi ini adalah : Matikan speaker dan gunakan headphone.

wf1-lb1

Gambar di atas hasil Tx yang diterima dongle RTL-SDR v3. Signal yang muncul mesti bersih dan tepat sasaran. Jika osilasi terjadi, teman-teman yang lain juga ikutan muncul di sisi kiri dan kanan dari frekuensi yang dituju.

Peace!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s