Mixer RF – NE612 Vs MC1496 Vs Ring Dioda

Karena penasaran, mencoba semua mixer RF (Radio Frequency) di atas. Sampai dimana sih perbedaan tiap mixer itu? Hanya kuping saja buat bedakan. Gak ada alat ukur presisi tinggi yang lebih obyektif.

Semua dirangkai ala ugly. Langsung di atas PCB.

Yang dibuat adalah mixer RF plus product detector untuk 40M band. Tiap rangkaian tidak sama. Hanya BPF dan AF saja yang sama. Untuk AF pakai IC741 sebagai pre-amp dan LM386 sebagai penguat AF akhir.

Dari sisi perakitan, MC1496 paling ruwet karena butuh bias eksternal yang butuh banyak resistor. Sedang ring dioda paling mengasyikkan karena ada pekerjaan menggulung dan mengukur dioda. Sedang rangkaian NE 612 paling sederhana dan cepat jadi saat dibuat.

Ring Dioda Mixer

Ini penilaian yang subyektif ya. Mixer Ring dioda terasa paling alami suaranya. Tidak berlebihan soal sensitifitas juga seleksi signal. Drive signal pakai DDS langsung tancap untuk signal BFO. Karena mixer ini butuh supply signal carrier 7dB. Untuk signal VFO dari DDS bisa pakai Transistor buffer.

Hanya butuh banyak stock dioda 1N4148 yang murah meriah. Dioda ini Didiukur pakai DMM mode dioda. Ambil dioda dengan tegangan forward yang sama. Sedang toroid pakai jenis FT37-43.

Repotnya, signal sebelum dan sesudah melewati mixer mesti dikuatkan. Redaman mixer ini lumayan tinggi.

Jika diomong dynamic range paling bagus, kuping ini gak bisa bedakan terlalu jauh jika ada signal kuat dan lemah berdekatan. Hanya terasa paling alami saja. Mungkin kalau buat sambal, ini sambil jenis sambal uleg di atas cowek hehehhe.

Jika malas menggulung kawat enamel, dan pingin praktis, bisa dipertimbangkan mixer jenis ADE-1 buatan minicircuit. IC ADE-1 ini ring dioda mixer dalam bentuk mini. Cuma IC ini punya harga maxi 😁

NE612

Ini jenis mixer dengan sensitivitas paling tinggi dari semuanya. Cuma kadang signal dari antah beratah juga ikutan nimbrung sekali tempo. Dan perbedaan signal lemah dan kuat yang berdekatan terasa kasar. Kurang alami. Semua rangkaian tanpa menggunakan AGC. Jadi signal lemah dan kuat tampil apa adanya.

Ini sambal yang di mixer hehe. Atau sambal jadi buatan pabrik. Bukan sambal uleg.

Rangkaian NE612 paling sederhana diantara ketiganya. Jadi kemungkinan berhasil saat eksperimen dengan NE612 lebih tinggi.

Masalah utama jika pakai DDS adalah supply signal butuh 200-300mV(-15dB). Sedang dari chip Si5351 keluarin 2,5-3v (6 dB). Anda dapat menggunakan pi attenuator atau Voltage divider untuk meredam signal dari DDS.

MC1496

Dari semua mixer, ini suara yang Paling enak menurut saya. Ada opsi pengaturan untuk carrier null dan gain di mixer. Sedang pada product detektor bisa diatur juga gain-nya.

Cuma pada eksperimen saya, butuh perjuangan lebih untuk mencegah osilasi pada bagian AF. Jika masalah ini bisa diatasi, ini mixer paling empuk suaranya hehehhe.

Sensitifitas sama seleksi signal imbang. Noise juga lebih rendah dibanding NE612. Jika ada signal lemah dan kuat berdekatan tidak terasa kasar atau “njomplang” amat.

Kelemahan utama adalah: rangkaian yang ruwet hehhee. Jika ini tidak masalah, ini mixer yang layak buat home brew. Tapi tidak saya anjurkan untuk eksperimen anak SMP bro! 🙂

Ada banyak data plus perhitungan pada datasheet MC1496. Datasheet yang jauh lebih komplit dan detail dibanding NE612. Bagi yang senang Matematika dan lagi jomblo IC ini layak dicoba.

Kesimpulan

Jika ingin praktis, pakai NE612. Ini mixer lumayan baik untuk eksperimen tanpa resiko gagal yang tinggi.

Jika ingin sesuatu yang “vintage” pakai ring dioda mixer. Ini mixer klasik yang tak lekang waktu. Siapkan kopi yang banyak ya.

Jika ingin mengulang masa lalu yang manis sekaligus ruwet,pakai MC1496. Sekalian belajar baca datasheet 🙂

Semua mixer RF di atas layak buat eksperimen. Hasil juga tidak mengecewakan buat kuping anak kost. Semua IC dibuat dengan tujuan masing-masing.

Ps: Lagi malas shoot video masing-masing performa Mixer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s