FIR (Finite Impulse Response) Filter Taps Demo

Iseng saja ya :). Pada tulisan sebelumnya, filter berurusan dengan signal audio karena sample rate hanya 32KHz. Bagaimana FIR filter pada rentang HF? Atau X-Band sekalian? Frekuensi HF 3MHz- 30MHz pada lingkup radio amatir. Sedang X-Band 8GHz – 12GHz. Beda langit dan bumi, GNU Radio coba demo masak kedua menu tersebut.

Minimal sample rate yang diperlukan sebesar 60MHz untuk HF. Kali ini sample rate dinaikkan menjadi 80MHz. Lebih dari cukup untuk memenuhi syarat Nyquist. Anggap saja direct sampling dari Gausian noise yang memenuhi semua range frekuensi :).

Nilai pada blok flowchart ini bisa diutak-atik pada GNU Radio. File GRC bisa download di sini.

BPF pada range 3MHz – 30MHz. Mungkin ingin dicoba untuk range 20M band misalnya. Dalam prakteknya, blok Gausian noise bisa “diganti” dengan perangkat direct sampling? Lihat catatan di bawah soal ini.

Sedang untuk X-Band karena beroperasi direntang 8GHz-12GHz diperlukan sample rate 24GHz minimal. Kali ini digunakan sample rate 36GHz. File GRC dapat Anda download di sini.

Silahkan ubah setiap parameter untuk mengetahui respon filter.
Contoh BPF (Band Pass Filter) dan Band Stop Filter di range X-Band.

Catatan :

Jika digunakan RTL-SDR yang punya sample rate 2MHz, mengapa bisa menjangkau frekuensi sampai 1,7GHz? Semestinya butuh sample rate 3,4GHz. Sample rate pada RTL-SDR ini bukan sample rate untuk direct sampling signal 1,7GHz, karena jeroan dongle ini melakukan translasi IF. Yach dilewatkan mixer alias diturunkan dulu. Hasil translasi ini yang baru disampling sebatas lebar bandwidth yaitu sample rate/2. Jadi urusan FIR filter setelah RTL-SDR bisa mengikuti sample rate perangkat RTL-SDR. Jika RTL-SDR bisa melakukan direct sampling sampai 1,7GHz, maka harga dongle itu bakalan setara sepeda motor tetangga depan lol.

Jadi dengan sample rate 2MHz pada RTL-SDR, maka rentang terbaik bandwidth sekitar 1 MHz. Jika center frekuensi target 100MHz, maka yang bisa dijangkau 99,5MHz – 100,5MHz sekali caplok. Center frekuensi perlu digeser untuk mencapai frekuensi di bawah atau atas.

Jika digunakan perangkat lain dengan sample rate 20MHz, maka jangkauan bandwidth 10MHz. Sehingga jika nguping radio FM dengan center 100MHz, maka rentang frekuensi pemancar antara 95MHz – 105MHz akan muncul di layar waterfall. Jika perangkat tersebut diumpankan ke GNU Radio lewat Soapy, maka urusan sample rate FIR akan mengikuti sample rate perangkat tersebut.

Untuk rentang HF, VHF, dan UHF? Jika ingin merealisasikan dengan perangkat keras macam RTL-SDR, HackRF, BladeRF, mudah untuk dilakukan. Tapi tidak dengan X-Band. Untuk yang terakhir siapkan dana APBN. Apalagi bagi anak kost yang pergi ngopi saja kadang masih bon alias utang hehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s