GNU Radio 3.9.4, SoapySDR, & Gr-Osmosdr

Catatan soal GNU Radio ini berbasis Linux Slackware 15 RC3. Bukan membahas cara kompilasi & instalasi, tapi urutannya agar berjalan baik. Dependency HELL! – Opreker di Slackware kadang tangannya kotor dan berdarah-darah saat mengurai kemacetan lol.

Kompile & instal kebutuhan GNU Radio : cheetah3, numpy3, log4cpp, pybind11, dan volk. Jika ingin menggunakan GNU Radio Companion (GRC) : lxml dan qwt. (Opsional) uhd, cppunit, gsl, orc, jack, portaudio,SDL2, dan sphinx

Catatan: Gunakan Slackbuids versi current dan sbopkg untuk mempermudah hidup :).

Kompile & instal library perangkat yang diinginkan (RTL-SDR, HackRF, BladeRF, dll) . Library ini bawaan perangkat masing-masing. Dongle RTL-SDR misalnya memakai library rtl-sdr osmocom. Jika tahap ini belum selesai, maka modul Soapy tidak bisa dikompile.

Catatan: Anda dapat mengambil source code dan kompile langsung library ini : RTL-SDR, HackRF, BladeRF. Lihat WIKI masing-masing mengenai cara kompilasi dan instalasi. Setelah selesai, silahkan dicoba apakah perangkat Anda terdeteksi.

Tes perangkat (misal untuk dongle RTL-SDR). Ketik di terminal $rtl_test semestinya muncul “Found Rafael Micro R820T tuner”. Atau ketik $hackrf_info jika Anda instal library hackrf. Pastikan semua library berfungsi. Jangan lupa pasang dulu perangkat Anda dilaptop/PC.

Kompile & instal SoapySDR. Anda dapat menggunakan script slackbuilds (yang tersedia) jika ingin. Setelah selesai, kompile & instal modul Soapy untuk perangkat Anda. SoapyRTLSDR, SoapyHackRF, dll. Ambil versi yang sama dengan SoapySDR. Setelah selesai, lakukan tes SoapySDR. Ketik $SoapySDRUtil --info

Ada 2 modul yang ditemukan oleh soapySDR : hackrf dan rtlsdr.

Lakukan profiling dengan volk sebelum berurusan dengan GNU Radio : $volk_profile dan tunggu sampai selesai proses ini karena profile Anda akan dilihat perusahaan tempat Anda melamar :).

Pada akhirnya volf_config telah tersedia untuk GNU Radio.

Bagian berikutnya kompilasi GNU Radio :).


Kompile & instal GNU Radio 3.9.4. Source. Gunakan opsi “make -J7” jika CPU Anda 8 core. Daripada pacar Anda komplain waktu kencan kok habis buat kompilasi lol. Semestinya sampai tahap ini GNU Radio sudah bisa jalan :).


Kompilasi & instal Gr-osmosdr. Gr-osmosdr membutuhkan GNU Radio dan library perangkat SDR yang sudah terinstal. Jadi bagian ini terletak diakhir perjalanan.

Ok! GNU Radio sudah siap digunakan.

————–

Catatan tambahan :

Versi akhir GNU Radio saat ini versi 3.10 (jika Anda menginginkan). Membutuhkan spdlog (sebagai pengganti log4cpp) dan pygccxml. Sedang versi 3.9.5 sudah nongol.

Slackware 15 RC3 memakai python 3.9.10. Slackbuilds versi current menggunakan GNU Radio 3.9.4 jadi pas sudah. Script Slackbuilds ataupun tool sbopkg bisa dipakai untuk memudahkan pekerjaan.

GNU Radio versi 3.9.4 memerlukan SoapySDR ada terlebih dahulu sebelum dikompilasi. Versi SoapySDR ini akan berpengaruh ke modul atau driver soapy lain yang akan ditambahkan. Jika menggunakan SoapySDR versi 0.8, maka GNU Radio akan mensyaratkan driver (misal SoapyHackRF) dengan versi yang sama. Jadi kompile driver peralatan Anda dengan versi SoapySDR yang sama juga.

Modul SoapySDR seperti SoapyRTLSDR memerlukan library perangkat rtl-sdr sudah diinstal dulu. Jadi ururan logis : library rtl-sdr, SoapySDR, baru soapyRTLSDR.

Grafik relasi SoapySDR

Bagaimana dengan Gr-osmosdr? Gr-osmosdr perlu GNU Radio dan library perangkat (misal RTL-SDR) ada terlebih dahulu. Jadi pastikan GNU Radio dan library RTL-SDR atau library perangkat Anda sudah siap.

Tes saya menggunakan GRC (GNU Radio Companion) dengan menggunakan blok dari soapy maupun osmo untuk perangkat rtl-sdr dan hackrf. Semua berjalan dengan lancar. Tes berikutnya dengan Gqrx. Kompilasi Gqrx versi 2.14.5 berjalan lancar juga. Gqrx dapat mengenali dan menjalankan 2 perangkat di atas.

Ok, semoga berguna!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s