Superhet Double Conversions – Sekedar catatan

Ujicoba double conversion masuk pada tahapan stabil dan memuaskan. Sudah mulai merapikan penataan di PCB kosong. Penyekat juga ditambahkan agar bocoran signal tidak kemana-mana.

(Kata memuaskan adalah subyektif. Kata sangat baik, terlalu,.. adalah subyektif juga… Hindari dalam tulisan ilmiah wkwkwk.. Data adalah utama! Bagaimana respon Rx kalau diinjeksi two tone? IP3? Apakah gain linear atau belum apa-apa mengalami kompresi di tengah jalan? Bagaimana respon filter? Apakah output mixer beranak cucu gajah dan jerapah? Mana datanya?).

Saya memulai dengan single conversions dengan IF 21,4MHz. Karena bandwidth MCF15G21D sebesar 15KHz, masih terdengar modulasi tetangga kiri-kanan. Biasa disebut roof filter, tapi 8 pole xtal mungkin tidak cocok disebut roof :). Rangkaian berfungsi dan bisa lanjut ke tahap double conversions dengan IF 10MHz dan bandwidth 3KHz.

Output clock DDSSi5351 saya set 8mA semua. Kapasitor yang terhubung kaki 1 dan 8 pada LM386 saya lepas dan membuat LM386 punya penguatan fix 20x atau 13dB. (10 dB itu 10x dan 3dB itu 2x. Perkalian penguatan sama dengan penjumlahan dB. Angka 20x didapat dari datasheet LM386. Karena ingin keren, penguatan 20x saya sebut 13dB lol).

Penguatan Rx digunakan 22dB sebanyak 2 blok. Yang satunya include AGC yang manual. Total 44dB sebelum masuk pre-amp. Terlalu besar untuk 40m band, tapi tidak apa, karena kontrol gain ada dalam kendali. Ketika akan merambah band dengan frekuensi lebih tinggi (20m) mungkin gain berlebih ini diperlukan. Semakin bawah frekuensi, semakin tidak diperlukan penguatan.

Sedang untuk blok Tx digunakan TIA 15dB 2x. Lha kenapa tidak pakai 22dB? Karena sebelumnya ada sisa blok TIA 15dB maka saya pakai sekalian daripada bikin lagi.

Butuh beberapa hari untuk mengamati dan mendengar. Segala kondisi propagasi diperlukan agar penghakiman tidak tergesa. Santai saja! Jangan sampai Anda membanting rangkaian karena Rx jelek karena memang propagasi menutup hehe.

Triple Conversions?

Karena ada space sisa PCB, kepikiran untuk melanjutkan ke triple conversions. Masih ada sisa TUF-1SM :). Tapi tantangan terbesar adalah penggunaan 2x modul Si5351. Desain IF xtal filter juga perlu rancang ulang. Yach karena ingin menggunakan chip ini untuk semua urusan pembangkit frekuensi. Diperlukan 4x output clock jika lanjut ke triple conversions.

Superhet triple conversions bukan hal praktis menyangkut perangkat jika seseorang sekedar ingin berkomunikasi saja. Single conversion sudah oke banget. Tapi, bagi homebrewer amatiran, yang suka eksperimen… triple conversions ini cukup menggoda untuk dijalani lol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s