Open Source? Why Not?

Jika senang “ngoprek”, open source adalah ranah yang sebaiknya dipilih. Baiklah ini suka-suka saja bukan kewajiban. Yach kayak mau milih pacar model apa :).

Mengapa open source? Saya ambil contoh soal HackRF One. Pertama, perangkat ini open source baik hardware maupun software. Kedua dokumentasi lumayan baik. Ketiga, saya punya barangnya hehe.

Ok, saya ambil obeng dulu untuk melihat jeroan HackRF One. (Ehh saya ambil di internet saja fotonya supaya lebih baik). Chip apa saja yang dipakai? Pakai PCB 2 layer atau 4?, pakai CPLD atau VLSI FPGA? Semua gamblang didepan mata.

Ada skematik dengan data komponen yang dipakai. Jika close hardware, Anda mesti melakukan “reverse engineering” baik jalur maupun komponen. Jika data fisik dihapus, Anda juga main tebak chip/komponen yang dihapus data fisiknya.

Ok, berikutnya saya ingin tahu, CPLD ini pakai Verilog atau VHDL programnya. Seperti apa juga isi nya. Ok ternyata pakai VHDL :).

Saya ingin tahu juga gambaran besar dari HackRF One…Termasuk urusan port.

Anggap saja semua mulai dari nol. Banyak hal yang kita tidak tahu. Ibarat di perpustakaan, kita mulai mengambil buku dan mempelajari satu demi satu. Kalau pusing ya tinggal ngopi saja lol.

Pada ranah open source, hasrat untuk ngoprek jadi lebih mudah tersalurkan karena sumber dan contoh konkret tersedia. Dari sana belajar jadi lebih mudah dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s