CORINA – 40M Band SSB Exciter

Rangkaian ini adalah eksperimen :). Exciter 40m band ini berbasis Bitx. Hanya digunakan sebuah blok TIA (Termination Insensitive Amplifiers) ala Wes Hayward. Sedang bagian IF digunakan 4 pole xtal 11.0592 MHz. Untuk bagian audio amplifier digunakan LA4225. Secara keseluruhan, rangkaian ini lebih sederhana dari Bitx40 :).

Sebelumnya, pada rangkaian digunakan LM386, karena kesalahan saat utak-atik, IC ini jebol dan saya tidak punya stok lagi dan beralih ke LA4225. Sedikit modifikasi dari rangkaian standart hingga tidak perlu rangkaian pencegah pop saat beralih dari Rx ke Tx. Pop yang terjadi masih bisa diterima menurut saya.

Perkiraan soal gain : BPF -1dB, DBM -7dB, TIA 15dB, IF xtal -3dB, Detector -3dB. Sisanya masuk Audio amplifier. Hasil masih cukup untuk Rx maupun Tx. Modulasi mantap terdengar dan tidak pecah. Jika Anda menambah sebuah TIA lagi sesudah IF atau lain tempat, maka terjadi distorsi karena penguatan terlalu besar. Baiklah ini subyektif menurut telinga saya.

DBM ala ubitx tanpa menggunakan tegangan positif. Semua hanya negatif plus signal VFO. Dalam perakitan, hal sederhana ini membantu soal pengkabelan. Karena supply frekuensi dari Si5351, maka kebutuhan tegangan positif pada DBM bisa dihilangkan. Bagian detektor juga berlaku hal yang sama.

Bagian impedansi IF ladder xtal tidak diketahui pasti. Idealnya 50 Ohm, tapi bisa jadi 100-170 Ohm. Ini adalah bagian kritis untuk performa. Saya hanya mencoba impedansi 200 Ohm dengan lilitan pada toroid T50-6 1:4 dan 150 Ohm dengan tambahan resistor seri 100 Ohm, tapi hasil masih lebih baik jika bagian IF terkoneksi langsung. Ini masih jadi PR dan catatan. Harap perhatikan bagian ini.

Desain rangkaian diterapkan ala deadbugs /ugly construction. Model ini cocok untuk eksperimen. Pergerakan dari ide ke praktek sangat cepat. Tidak perlu membuat PCB dulu karena segala sesuatu masih ujicoba. Memang butuh kerja tangan dan imajinasi hehehe. Secara umum tidak dianjurkan untuk jaman now :).

Ok, semoga berguna!

YD3BRB

6 tanggapan untuk “CORINA – 40M Band SSB Exciter

  1. Cara tes apakah rangkaian TIA nya bekerja seperti apa ya? Saya pernah mencoba memberi input dari si5351 dan output saya ukur lewat rf probe n5ese ke multimeter digital tapi sepertinya tidak terjadi penguatan, saya sudah coba beberapa rangkaian dan memastikan nilai komponen benar

    1. Karena rangkaian TIA termasuk “broadband” untuk kategori HF, dengan asumsi frekuensi kerja sampai 30MHz, selama output si5351 di set antara itu, semestinya ada penguatan. Paling akurat bisa dilihat lewat osciloscop. Cukup bikin satu sisi saja untuk tes.

  2. pak itu gak ada trimpot utk ngeset null carriernya ya?
    kalao xtal filter diganti 8MHz apa perlu penyesuai impedansi xtalnya?

    1. Tidak ada. DBM punya keunggulan teknis meredam carrier ..sekaligus punya loss yg besar :).Trimpot salah satu penyebab spurious (hal ini diungkap Farhan di group Bitx20). Untuk xtal 8MHz tergantung jenis xtal. Bisa dicoba dulu apa adanya.

  3. om, ini kalo dibikin pernbagian seru kali ya. Buat belajar juga…
    Dari dulu nunggu BITX dicacah kok gak ada yg mau bikin yaa? Hehehehe
    Salam.

    1. Hehehe iya seperti mainan menyusun puzzle. Konsep pengerjaan seperti itu juga. Bagian perbagian. Kalau kepepet bisa copot bagian tertentu dari project yg tidak kepakai. Salam kenal juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s