Pi-Network Tuner untuk 40M Band

Kali ini eksperimen tuner khusus 40m band saja, tidak untuk multiband. Rancangan umum biasanya untuk multiband, hingga agak kesulitan mencari contoh tuner khusus 1 band.

Antena half dipole saya match dengan VSWR mendekati 1:1,1 di frekuensi 7.100 MHz. Kalau digeser difrekuensi 7.000 MHz, VSWR mencapai 1:1,6. Angka ini masih relatif aman sebenarnya, tapi saya ingin VSWR mendekati angka 1:1,1

Pertama mencoba L-Network tuner dengan kapasitor variabel 430pF dan induktor dengan toroid T130-2. Setelah trial-error, maka dari L-Network jadilah Pi -Network dengan menambah kapasitor 100pF-200pF disisi satunya. Anda dapat mencoba nilai kapasitor lain agar sesuai dengan kondisi Anda. Cara paling mudah dengan melakukan proses paralel kapasitor. Kecuali Anda punya 2 varco.

Ada banyak kalkulator online untuk menghitung nilai kapasitor dan induktor pada Pi-Network. Saya mensimulasikan beberapa nilai impedansi pemancar dan antena yang berbeda untuk melihat rentang induktansi yang diperlukan. Misal 40 Ohm vs 60 Ohm, 40 Ohm vs 65 Ohm, 50 Ohm vs 100 Ohm dan seterusnya. Dari sana rentang nilai dari induktor 0,1uH sampai 0,5uH sudah cukup untuk segala kemungkinan (dalam kasus saya).

Untuk menentukan jumlah lilitan pada toroid T130-2, saya menggunakan laman www.toroids.info Anda dapat menggunakan tipe seperti T50-2 atau T36-2 jika bermain di QRP. Tipe standar ini untuk mempersempit bandwidth di 40m band dan memastikan bahwa jumlah lilitan dengan perhitungan hampir sama. Jika menggunakan ferite lain yang tidak jelas, silahkan diukur nilai induktansi yang dihasilkan.

Saya menggunakan alat bantu untuk mengatur tuner ini yaitu RigExpert AA-35 untuk melihat respon Pi-Network yang saya buat. Setelah puas, baru dicoba di rig. Hasil eksperimen ini memuaskan. Saya dapat mencapai nilai VSWR 1:1,1 atau kurang di rentang frekuensi 40m band. Untuk induktor, perubahan dilakukan secara manual. Mungkin dengan menambah saklar rotary akan lebih nyaman saat pemakaian.

Semoga berguna!

YD3BRB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s