2x BLF8G10LS-270 untuk Exiter

Beberapa waktu lalu saya menyelesaikan linear amplifier HF dengan Mosfet 2x BLF8G10LS-270 untuk exiter Bitx Spectra 40. Hasil menggembirakan untuk komunikasi sambil nyruput kopi :). Saya menambahkan sebuah driver 2N2219A dan variabel resistor di input agar fleksibel. Tegangan yang dipakai 13,8V. Anda dapat memberikan tegangan VDS hingga 28V jika ingin daya yang lebih besar lagi.

Rangkaian diatas termasuk minimalis. Dapat Anda modif agar sesuai keinginan.

Semoga berguna!

YD3BRB

‐—‐————————-

Saya menjadikan 1 box exiter Bitx Spectra 40 dan amplifier HF ini agar praktis. Karena box yang tersedia punya tempat terbatas untuk heatsink, maka saya set daya output sekitar 30W saja. (Jika ingin, angka 100W mudah dilalui oleh mosfet ini).

Rangkaian Tx minimalis tanpa stabilizer segala. Tidak ada umpan balik R+C, C untuk mengatasi efek parasitik diantara toroid juga tidak ada. Selama ruang isolasi ketat (karena letak mepet dengan Spectra) tidak akan terjadi osilasi. Saya me-wrap dengan aluminium foil. Juga ada pelindung PCB dengan grounding antara board spectra dan Tx ini.
Digunakan coax teflon RG-316 untuk lilitan primer dan skundernya. Hanya akal-akalan saja bagian pelapis luar shielding dimanfaatkan seperti tube. Prinsipnya sama seperti saat melilit transformer pada umumnya. Impedansi 1:4 untuk output. Untuk input 4:1. Toroid digunakan BN-43-7051 dan BN-43-202, sedang RFC saya pakai toroid seadanya.
Quiescent current/Idq tiap mosfet sekitar 500mA-600mA. Jadi total Idq sekitar 1-1,2A. Tegangan bias saya jadikan satu karena dari pengalaman mosfet RF ini cukup identik :). Tegangan supply yang dipakai VDS=13,8V. Anda dapat membuat supply terpisah khusus Drain mosfet sampai dengan 28V jika ingin. Nilai resistor supply ke kolektor 2N2219A dapat Anda besarkan jika ingin daya lebih kecil dan transistor adem ayem.
LPF kali ini pakai T80-2. Untuk daya sampai 50W cukup pakai T50-2.

Saya mencoba output daya 60-70W dengan komposisi transformer output 1:9 dan tegangan 13,8V dan berjalan lancar. Tapi saya turunkan ke 30W dengan transformer output 1:4 karena heatsink yang terbatas dan saya kesulitan menempatkan kipas angin kecil di box. Untuk daya output 30W dan tegangan 13,8V, arus yang ditarik sekitar 4A sampai 4,5A. Efisiensi sekitar 55% (angka pengamatan dari tang Amper DC dan SWR).

DDS Si5351 plus Arduino nano saya rangkai dari modul yang tersedia. RFC dan kapasitor bypass pada blok ini penting untuk mengindari interferensi plus noise. Peletakkan modul mengalami sedikit perubahan saat akhir.

Saya mem-bypass rangkaian VFO original dan menggantinya dengan injeksi dari DDS Si5351. Sedang untuk BFO tetap menggunakan sumber xtal onboard. Jadi hanya satu signal yang dikeluarkan oleh Si5351.
Penampakan Bitx Spectra 40. Rangkaian ini ringkas hingga praktis untuk box kecil.

Beberapa kontak resmi (karena pakai callsign) saat pertama kali mengudara dapat report baik dan disangka pesawat build-up :). Entah pujian berlebihan atau tidak, tapi itu yang saya terima. Segalanya sudah pas dan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s