Testing IRFP4227 & IXTQ76N25

Testing IRFP4227 & IXTQ76N25. Mosfet IRFP4227 banyak dipakai untuk final penguat audio kelas D. Penasaran jika dipakai untuk frekuensi tinggi. Di atas kertas hitungan masuk. Sedang IXTQ76N25 punya daya disipasi sampai 460W. Dari coretan beberapa parameter juga Ok. Jika berhasil, kedua Mosfet ini potensial menggeser tahta IRFP250/260 untuk bermain di amplifier HF. Mosfet ini dipasaran punya harga 2x IRFP250 dan punya Q(g) kurang dari 100nc. Ternyata teori berbeda dengan praktek kawan!

Menggunakan palet 2x Mosfet, tempat ini jadi ladang pembantaian. Sudah 6x Mosfet IRFP4227 tewas dalam kesempatan berbeda. PSU Flatpack 1500W ternyata cukup kuat untuk ditarik arus MAX beberapa kali sampai 30A saat Mosfet Short. Ok, testing belum berhasil. Menghindari duka atas biaya ngopi starb*** yang hilang, beralih ke IXTQ76N25. Dengan “quescient current” 5mA, dan ketika menyentuh 400W untuk sekian detik rontok juga Mosfet ini. Total 7x Mosfet dalam tempo 24 Jam! Total 200 ribuan melayang.

Entah kenapa Mosfet ini seolah enggan terhadap siksa frekuensi tinggi. Ini neraka osilasi internal bagi mereka (mungkin) . Untuk lolos, memang mesti dibantai habis-habisan. Jika tidak, maka sulit untuk mengetahui batas kemampuan. Atau perlakuan apa yang mesti diberikan ke Mosfet ini.

Kesimpulan saat ini : Entahlah Hehehe

Masih berharap dengan IRFP4227, saya akan memulai dengan cara baru agar Mosfet ini siap diuji lagi. Ini testing homebrew dengan peralatan sekedarnya saja. Jadi harap maklum dengan hasilnya.

Untuk menghibur diri, maka mengalunlah musik ini : Ohh!!  How lovely you are..Nobody said it was easy! Tell me your secrets …Ohh take me back to the start..

Thescientist

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s