Mencari Receh di Bandcamp

Mungkin tepatnya mencari pengalaman di Bandcamp 🙂 Bermula dari jatah soundcloud abis, sedang sewa tempat versi pro kena $8 tiap bulan, udah sekalian saja saya jual musik yang saya buat di Bandcamp. Pingin tau aja prosedur dan cara kerjanya.  Jadi saya baca cepat “terms of use” dan tanpa banyak pikir panjang saya upload beberapa musik yang saya buat.

Ibarat bayi baru belajar merangkak, ini sudah mesti loncat pagar hehehe. Tidak apa selama halal dan tidak menyalahi prosedur. Jadi tidak ada ukuran percaya diri atau musik yang dibuat bagus atau tidak. Paling tidak saya punya account paypal yang bisa menerima pembayaran.

Bidang seni apapun adalah kelemahan terbesar bagi diri ini. Entah seni musik atau lukis atau seni yang lain. Tapi namanya belajar, selama nafas masih ada tidak dilarang kok hehehe. Jadi aneh juga, mainan saya hanya klik sana-sini tanpa pakai satu alat musik pun. Semua pakai synthesizer yang tersedia.

Sekilas ada dua permasalahan soal ini. Pertama soal musik itu sendiri. Kedua bagaimana menjualnya. Untuk sukses dalam karir musik dua hal ini tidak boleh meleset. Tapi kalau diruntut semua menuju nama dan uang yang dihasilkan. Ibarat Nenek sih katanya bisa buat burger lebih enak dari Burger K1ng, tapi jika menyangkut menjualnya, jadi masalah lain.

Dalam mencari uang receh ini, saya memilih yang tersulit dari pilihan yang ada hehehe. Paling mudah tentu sekedar menjadi makelar baik barang atau jasa. Buka toko elektronik ala t0k0pedia misalnya. Tapi dalam hal ini, musik bukan kekuatan saya jika dibanding memegang tang, obeng, solder, gergaji, atau yang lain hehehe.

Namanya juga pendapatan pasif dan menyangkut royalti, jadi tidak terlalu beban juga mesti menghasilkan sekian dolar. Ini juga bukan “trade for life” dimana jika tidak ada yang beli maka tak makan. Yang penting happy saja, dan persoalan soal sewa tempat untuk meletakkan lagu sudah beres. Jadi daripada upgrade account di soundcloud untuk dapat jatah tempat, sekalian saja saya jual lagu saya di bandcamp.

Apakah ideal? Tidak juga. Sambil jalan, jika ada perkembangan akan selalu diperbaharui. Maksudnya untuk segala sesuatu tidak perlu over thinking dalam membuat keputusan. Ambil keputusan, praktekkan dan sambil jalan disesuaikan dengan kondisi yang dinamis.

Peace!

Ps: Jika ingin menyumbang uang receh untuk saya hehehe

https://michaeldaranto.bandcamp.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s