Smile! Man Lav Tea :)

Singkatan dari 4 essential oil (EO): Roman Chamomile, Manuka, Lavender, dan Tea tree. Perhatian! Ini sekedar Eksperimen AsalAja™. Mungkin tidak cocok atau menimbulkan iritasi untuk kulit Anda. Ambil idenya dan sesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Gettyimages

Racikan ini saya buat untuk kulit gatal, bercak merah, kering, dan meradang karena sering digaruk. Semua AsalAja™ konsultasikan ke dokter kulit jika persoalan serius. Aplikasi untuk tangan dan kaki saja. Tujuan utama adalah manfaat untuk kulit. Baiklah aroma hasil campuran ini oke juga kok.

Sebagai carrier oil adalah olive oil 300ml (300ml yach). Total tetesan dari semua EO adalah 90-150 tetes. Setiap 10ml adalah 3-5 tetes. Jadi jika ingin 30ml, maka maksimal 15 tetes EO. Kombinasi tetesan sesuai selera saja. Dalam kasus saya 130 tetes. Lavender 40 tetes, Roman Chamomile 30 tetes, Manuka 30 tetes, dan Tea Tree 30 tetes.

Manfaat dari tiap jenis EO dapat Anda browsing di internet. Hanya saja, dibanding komponen buatan macam komponen elektronika misalnya, EO bersifat “fuzzy” alias samar-samar. Membandingkan antar EO serasa melihat kontes kecantikan. Muka maupun postur tubuh tiap peserta hampir sama. Wangi parfumnya saja yang beda lol.

Menyikapi sifat samar dari EO ini, jalan terbaik adalah menggunakan batas aman dan lakukan dengan perlahan atau uji terbatas. Misal untuk area terbatas yang lebih tahan iritasi. Kulit pada tangan lebih ok dibanding muka yang sensitif. Kecuali muka badak hehehe.

Untuk efek phototoxic alias EO akan bereaksi saat terpapar UV, lebih baik hindari terik matahari langsung jika menggunakan ramuan ini. Satu EO beda pemrosesan ekstraksi seperti steam distilasi atau coldpress akan punya efek berbeda. Baca informasi produk bagaimana cara EO diperoleh. Semisal EO Lavender punya saya hasil steam distilasi.

Mengapa ada 4 macam EO? Mengapa tidak 3 atau 7 jenis? Yach suka-suka sajalah hehe. Cuma kalau hanya 1 EO, spektrum fungsi EO akan terbatas. Misal Lavender merupakan anti bakteri. Mungkin efektif untuk bakteri A,B, dan C tapi tidak untuk bakteri D dan E. Manuka juga anti bakteri. Mungkin efektif untuk D dan E tapi tidak untuk A dan B.

Menambah jenis EO akan melebarkan spektrum tapi punya resiko jenis EO tertentu menimbulkan alergi. Baiklah ini hanya permaian logika saja. Common sense sederhana juga diperlukan. Jika satu wangi EO tidak disukai, ada kemungkinan terjadi “penolakan” terhadap EO ini. Ini hanya tes sederhana saja, belum tentu benar juga.

Meracik EO semudah membalik telapak tangan. Iya karena tinggal tetes saja :). Hanya perhatikan batas aman EO dan carrier oil. Lakukan uji terbatas untuk mengetahui reaksi kulit atau indera penciuman lebih dulu. Selebihnya… Have fun!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s