Kompilasi KiCad EDA 5.1.9 dari Source

Kompilasi dari source ini secara umum buang-buang waktu saja hehe. Tapi tradisi yang kadang tanpa makna ini terus dilakukan. Mungkin senang liat kerja CPU 100% :). Sebagian besar program yang saya punya melalui proses kompilasi ini. Yach karena tradisi saja.

Mengapa kompilasi dari source? Ada banyak parameter yang bisa diatur jika kompilasi dilakukan dari source. Seperti level optimasi & fitur-fitur jeroan yang mau diaktifkan/dimodif.

Tapi untuk source program yang perlu waktu kompilasi sampai berhari-hari, silahkan ambil binary nya langsung. Mereka mungkin pakai komputer dengan CPU 40 core yang punya 80 threads & memory 128GB lol.

Secara umum saya menggunakan script SlackBuild yang tersedia di Slackware. Optimasi standar dan mengaktifkan fitur-fitur yang stabil secara umum.

Butuh waktu 6 jam lebih untuk kompilasi KiCad EDA ini. Ada beberapa item seperti bagian 3D, Library, dan dokumen yang terpisah. Paling lama saat kompilasi bagian core dan WxWidget3 sebagai depedency dari KiCad.

Penggalan SlackBuild untuk KiCAD.

KiCad ini program aplikasi open source untuk menggambar rangkaian elektronika sama buat routing PCB nya sekalian. Jika ingin pakai, untuk mudahnya tinggal instal binary nya saja. Program ini punya versi MacOS, Ms Windows, dan Linux.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s