Sekilas soal BIXEN HF SSB Exiter

Bixen adalah tujuan yang tepat bagi yang ingin buat sendiri Tx/Rx SSB. Rx dari Bixen ini tidak kalah dengan perangkat built-up macam IC-718. Ini menurut kuping saya ya. Bagaimana dengan mbak Vehra? Karena belum buat, tidak adil jika komentar.

Hanya saja, rangkaian basis mixer Ne602 versi VK3XU yang saya buat tidak sebaik DBM punya Bitx40 atau Bixen. Terlebih ketika banyak pemancar dengan variasi kekuatan yang masuk bersamaan. Bixen lebih luwes dan mulus mengatasi perbedaan modulasi itu dibanding Rx basis NE602 punya saya yang terasa kasar dan jomplang. Baiklah ini mungkin subyektif dan kasus yang saya alami.

Bixen merupakan pengembangan dari Bitx20/40. Segala kekurangan dari Bitx20/40 di selesaikan di Bixen. Ibarat ramai-ramai demo ke developer, tuntutan yang mesti dibenahi dirampungkan di Bixen. Pingin Audio lebih kencang, diselesaikan oleh IC LA4225, pingin AGC, juga dikasih Fast & Slow pakai LM324, pingin Rx lebih kuat, dikasih MC1350 yang spesialis penguat level RF. Meski Tx hanya berupa exiter, pilihan penguat Tx ini juga banyak tersedia (termasuk yang official dari developer).

Sisi lain yang saya suka dari Bixen ini adalah informasi rancang bangun perangkat ini tersedia di site developer. Lihat Site Official Bixen Silahkan di obok-obok. Membaca tulisan-tulisan YC3LVX – OM Yoke, terlihat kegelisahan positif untuk membuat segala sesuatu lebih baik.

Ok, kecuali MC1350, komponen yang diperlukan adalah kelas rakyat jelata. Ada dimana-mana dan murah. Jenis transistor juga umum dan bisa diganti sesuai stok yang dipunyai. Gak ada 3904 bisa diganti BC547, bisa juga 2N2222. Untuk Toroid, meski belum coba pakai toroid bekas lampu, banyak kesaksian semua itu jalan mulus.

Model rangkaian BFO/VFO klasik pakai varco juga tersedia on board. Atau mau Inject dengan PLL /DDS juga mudah. Saya pakai Si5351 inject langsung ke DBM tanpa rangkaian tambahan apapun juga jalan. Inject ke inputan penguat BFO/VFO juga jalan. Terserah dech yang enak mana hehhehe.

Karena rancangan dari Bixen HF SSB Exiter ini terbuka, maka rangkaian perangkat ini “hackable” alias mudah dimodifikasi jika diinginkan. Komunitas yang membuat perangkat basis Bitx ini juga banyak. Jadi kesempatan besar mendapat jawaban saat bertanya saat kesulitan. Bagi yang pingin dapat jadian saja juga banyak yang membuatnya.

Untuk yang pingin buat sendiri, modalnya memang mesti sabar dan ulet. Selesaikan tahap demi tahap. Rangkaian basis DBM memang lebih ruwet dibanding rangkaian basis NE602. Saat pertama buat Bixen ini ya gagal total hehehe. Jika ingin tau kegagalan saya saat buat Bixen ini pertama kali, lihat tulisan saya ini.

Akhir kata, saya tidak endorse atau jualan Bixen, jadi jangan inbox tanya harga kit atau diskon berapa hehhehe.

Peace!

YD3BRB

73

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s