Yankee Delta Three Bravo Romeo Bravo – YD3BRB

Akhirnya Callsign dan IAR (Ijin Amatir Radio) ORARI keluar. Untuk level siaga ini, bentangan frekuensi yang boleh diincip secara legal sangat luas. Hampir semua band (termasuk beberapa band untuk komunikasi satelit). Mungkin tujuan ORARI agar anggotanya aktif dan progresif :). Bandplan lengkap untuk tiap level biasa dilihat di sini.

Ada banyak mode komunikasi yang bisa dicoba. Dari yang klasik seperti CW dan SSB sampai mode digital. Anggap saja “state of the art” dari teknologi masuk ranah yang diatur ORARI.

Sebenarnya, secara pribadi lebih condong untuk eksperimen perangkatnya. Entah kenapa gak buat komunikasi sungguhan 😁. Jujur agak canggung juga bicara di udara. Mungkin belum terbiasa hehehe.

Seorang teman YD3DRI “ngobrak-obrak” untuk ikut ORARI agar hobby dapat tersalurkan secara legal 😁. Paling tidak ada payung hukum dan wadah bernaung yang resmi. Kalau balapan ya balapan di track resmi gak balapan liar. Apalagi frekuensi adalah sumber alam terbatas dan vital.

Ada aturan main dan tanggung jawab bagi penyandang Callsign. Callsign ini berlaku global. Sesama anggota HAM dari belahan dunia manapun ya mengenal dari Callsign yang disandang. Data log bukti komunikasi ya menyangkut Callsign ini. Callsign dan IAR ini jadi modal juga untuk eksperimen.

Untuk penyandang YD, batasan legal adalah 100W untuk frekuensi HF. Tentu boleh eksperimen dengan daya 1KW dalam lingkup terbatas dan tidak terlepas liar di antena. Paling aman ya masuk dummy load 😁.

Oh ya, tahapan untuk dapat Callsign dan IAR : Pendaftaran, pembekalan, dan ikut ujian. Datang ke sekretariat lokal masing-masing kota.

Untuk area Surabaya, dapat datang ke :

Orari Lokal Surabaya

Pojok KA, Jl. Ketintang Sel., Karah, Jambangan, Surabaya City, East Java 60232
(031) 8282221

https://g.co/kgs/VcpHe3

Untuk peserta UNAR (Ujian Negara Amatir Radio) Tahun 2019 ini, yang lulus dapat Callsign dengan prefix YD bukan YG. Katanya sih untuk area Jawa Timur (prefix YD3) masih tersisa stok 4K. Jika habis, prefix Callsign kembali ke YG. Jadi prediksi untuk 8-10x UNAR kedepan (jika peserta 400 orang) masih dapat prefix YD. Untuk level tingkatan, tidak ada beda antara YD dan YG.

Dapat Callsign “acak” YD3BRB tetap disyukuri. Yankee Delta Three Bravo Romeo Bravo.

73

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s