Angan soal QSD (Quadrature Sampling Detector)

Ini tentang mixer RF yang pakai multiplexer analog. Sederhana, performa tinggi, dan koneksi ke dunia digital erat. Entah mau terhubung ke Mikrokontroler,SBC,atau PC suka-suka. Jadilah SDR (Software Defined Radio).

Kenapa QSD? Selain urusan performa, mixer ini menghasilkan signal audio beda phase hasil sampling. Biasa disebut parameter I dan Q. Signal audio (yang berupa signal analog dikonversi ke digital oleh soundcard kalau pakai PC) diolah dengan kepastian phase signal tersebut.

Anggap saja mengukur panjang jalan tol. Jika tidak ada penanda saat mulai, maka susah mengukur panjang jalan tersebut.

Di PC ada GNUradio yang punya banyak modul DSP(Digital Signal Processing). Membuat “radio” hanya click n drag 😁. Interface hardware hanya mixer QSD itu saja cukup. Tampilan grafik ala waterfall juga banyak tersedia. Terus?

Inginnya sih buat rangkaian yang sederhana saja. Mulai dari yang bisa dibikin 😁. Dasar atau prinsip mixer ini lagian sederhana.

Yang perlu disiapkan: Arduino Nano, LCD, Encoder, Si5351, chip multiplexer, OpAmp NE5532,D Flip-Flop untuk pengaturan phase clock. Yang terakhir ini soal phase clock bisa diatur di Si5351 (ingin mencoba).

Untuk Software, ada FLDIGI (modem digital), Quisk /gqrx (SDR) dan aneka software lain. Rencana fokus ke satu band 40M dulu.

Semua masih angan saja. Untuk jadi realita mesti praktek langsung. Apa yang akan terjadi? Entahlah, hasil bisa memuaskan atau sebaliknya. Bisa berhasil atau gagal di langkah awal. Yang pasti ada hal baru yang mesti dipelajari.

Ini semua dalam konteks hobby, “nothing to lose” bukan bahan ujian yang biasanya agak terpaksa buat belajar 😁.

Peace!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s