Merancang LPF (Low Pass Filter) 40M Band

LPF orde 7 Chebyshev ini untuk HF Amplifier yang saya buat. Karena malas menghitung, pakai simulasi rf-tools tinggal klak-klik jadi :). Karena untuk daya besar (ratusan Watt), maka rencana pakai toroid T130-2 dan kawat enamel 1,2-1,8 mm. Ini semua masih rencana ya πŸ™‚

lpf11

Cut-off saya pilih frekuensi 8 MHz. Bisa pilih 7,5 Mhz kalau ingin teliti. Hanya saja space 1 Mhz untuk jaga-jaga nilai komponen mengalami pergeseran saat panas. Kenapa pakai orde 7 dan tipe Chebyshev? Karena orde 5 sudah pernah buat, dan pingin coba orde 7 dengan redaman lebih besar lagi. Paling tidak, tetangga tidak komplain. Chebyshev? Baiklah ini selera saja, tidak ada alasan ilmiah dalam kasus ini :). Efek jeleknya pakai LPF orde 7, daya output akan berkurang dibanding penggunaan LPF orde 5 atau 3. Jika ingin membuat marah tetangga dengan TV jeleknya, tidak usah pakai LPF sekalian saja πŸ™‚

lpf11a

Rangkaian seperti di atas. Abaikan RS dan RL. Dalam simulasi, RS dan RL hanya menggambarkan impedansi input dan output. Jadi komponen yang diperlukan hanya kapasitor dan induktor.

LPF ini rencana pakai kapasitor silver mica 2KV (kalau ketemu). Agak susah cari untuk 2KV. Kebanyakan rate 500V. Kalau kepepet tidak ada, pakai kapasitor keramik 2-3KV tidak masalah.

lpf11b

Isi parameter di simulasi seperti di atas. Pilih komponen standar. Jika tidak, maka angka pecahan akan ditampilkan. Kecuali persiapan ujian Elektronika, pilih standar saja agar hidup lebih mudah.

Untuk hitungan gulungan toroid, pakai Toroid Info

Masukkan nilai 1,5 uH. Hati-hati, penulisan koma deretan numerik dalam Bahasa Inggris menjadi titik. Jadi isi 1.5 uH. Maka hasil diperoleh 11,7 lilitan (dibulatkan jadi 12 ). Panjang kawat enamel sekitar 53 Cm.

ti1

Ok, persiapan maju perang sudah selesai. Tinggal mencari komponen dan merakit.

Peace!

Update :

Baru sempat upload gambar LPF yang sudah jadi. Saya pasangkan dengan Amplifier HF 400W (4xFQA11N90C).

Kapasitor pakai keramik 2Kv yang murah meriah. Cari silver mika tidak ketemu untuk rate 2Kv. Jika amplifier Anda pakai tegangan 27V, maka rate kapasitor 1Kv untuk LPF sudah cukup. Jika 48V, maka LPF pakai kapasitor 2Kv lebih baik.

Relay sengaja pakai yang kecil karena prakteknya hanya Tx < 80W saja. Hemat energi πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s