Homebrew Dummy Load 1 KW pakai 4x RFP 250W 50 Ohm

Sebagai pengganti antena untuk eksperimen RF, Dummy load komersial berharga mahal. Yach ini untuk kantong anak Kost tidak terjangkau 😁. Padahal hitungan matematika untuk buat hanya pakai level SMP untuk rangkaian seri /paralel dari resistor.

Kali ini dipakai bahan bekas semua. Kecuali minyak goreng buat meredam panas. Kalau gak bau ikan asin saat dipakai hehehhe. Oli mesin juga bisa,pokoknya medium yang tidak menghantar listrik. Cari minyak olive atau oli sintetik kalau borju :).

Test akhir pakai RigExpert. SWR rata-rata 1.03. Hasilnya lumayan baik untuk pengganti antena. Rentang pengukuran dari 0-30 MHz. Dari datasheet RFP, dummy load ini bisa dipakai sampai rentang 3 GHz.

Dengan model rangkaian ini, hati-hati jangan sampai heatsink terkena body kaleng. Anda dapat menyekat dengan bahan isolator sembarang. Ukur hasil akhir rangkaian dengan Ohm meter. Semestinya didapat nilai 50 Ohm.

Langkah akhir mengisi kaleng dengan minyak goreng. Saya mengisi 3/4 dulu, terus rangkaian sama heatsink saya masukkan. Sisanya saya tambahkan.

Peace!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s