Semua Bangga kalau Kaya, Kecuali saat…

Berhadapan dengan petugas pajak hehehe. Okay lah tidak semua warga begini. Ada yang bangga kalau bisa pamer harta benda berlimpah sama tetangga juga sama petugas pajak.

Entah kenapa, banyak juga yang jadi “miskin” alias “kere” saat bertatap muka alias dipanggil kantor pajak.

Jasa konsultan pajak naik daun seiring seringnya surat cinta dari kantor pajak datang. Gimana caranya konsultan sukses antar client jadi “kere” 😁.

Tidak semua gini yaaa. Banyak konsultan pajak yang baik. 🙂 Banyak juga kok WP yang jujur. Semakin besar pajak yang dibayar semakin asyik. Apalagi pengembalian lebih bayar pajak bisa beli Moge 1200cc.

Biasanya, aksi penyelidikan buat nyali jadi ciut. Apa rumah mewah plus mobil build-up itu dibeli pakai uang datang dari langitkah? Tidak apa kok dari langit, asal awan Juga dapat bagian yang adil sesuai aturan. Cuma kadang manusia itu punya sifat pelit. Mau dinikmati sendiri hehehhe.

Memang hak untuk jadi “miskin” lewat “Self Assessment”. Cuma kalau tiap minggu PP Surabaya – Jakarta – Paris apa layak jika pajak yang dibayar cuma sekian saja? Ini logika pasar saja.

————-

Menerima surat cinta dari kantor pajak buat saya dapat ide untuk nulis :). Surat ini datang telat 14 hari setelah tanggal cap kantor 😁. Sudah melewati batas waktu.

Menghitung, sudah belasan kali bolak-balik ke kantor pajak buat urus masalah ini itu (sama ketemu AR yang cantik dan baik). Ini buat saya jadi hafal koordinat warkop (Juga senyum manis petugas pajak).

Terus bangga apa nggak? Lha itu, karena saya kaya, lebih tepat kaya hatinya.. (Ngopi kadang gak ada kembali ya udah iklas saja 😁) ya bangga sajalah 😁

Bangga juga, wong orang sering kluyuran gak jelas sering dipanggil kantor pajak :). Bangga juga, wong orang lebih sering liatin skema rangkaian sama pegang solder mesti apel bolak-balik ke kantor pajak.

Jangan liat “casing”nya, liat data valid nya. Semua berdasarkan data. Semua transaksi tercatat, dan bisa diakses kantor pajak dalam hitungan jam (Sambil ditinggal ngopilah 😁 ).

Hanya kadang, tafsir mengenai data ini yang” debatable “. Semua ya relatif. Intinya sederhana, dari WP pingin pajak sekecilnya, lha dari petugas pajak (karena ada target 🎯) ya pingin dapat sebesarnya. Kalau nggak, biaya darimana ngaspal jalan tol itu?

Konsultan pajak terbaik (menurut saya ya) sebenarnya ya AR (Account Representative) itu sendiri. Ini orang paling paham seluk beluk soal pajak. Paling sampai bosan ikut pelatihan,seminar, update aturan pajak baru atau apalah.

Cuma karena dipandang berada “dipihak” kantor pajak, banyak WP yang pilih menghindar dan menyerahkan ke konsultan saja. Padahal ini konsultan handal yang gak perlu dibayar 🙂

Omong-omong, apa masih bangga? Punya teman yang dapat predikat salah satu pembayar pajak terbesar dan terbaik (karena disiplin bayar pajak) buat diri ini rendah hati sajalah. Kalau bersalah ya minta ampunan, tidak ada manusia yang sempurna. ✌

Cerita ini bisa panjang lebar, cuma mau mikirin soal eksperimen lain dulu.

Kesimpulan ngawur: Ngopi di warkop kantor pajak punya sensasi beda. Harga masih standar 3 ribuan. Yakin usaha jenis ini bebas PPN 😁

✌

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s