Eksperimen WA2EBY Amplifier HF

Semalam tes amplifier HF ini dan sukses 🙂 Tidak ada IRF510 yang jebol. Daya yang dikeluarkan sekitar 50W pada 40M band.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Rancangan PCB pakai model Manhattan Style. Seperti kumpulan pulau-pulau kecil sebagai penghubung antar kaki komponen. Konsep desain dengan groundplane luas dan posisi untuk ganti MOSFET yang gampang kalau jebol :).

Jika ingin eksperimen, lebih baik baca dulu artikel yang ditulis WA2EBY : Part1 Part2

Modifikasi bisa dilakukan sambil jalan sesuai kebutuhan. Situs yang cukup membantu untuk referensi: AC2CZ

Homebrewer biasanya pakai komponen yang murah meriah. Maka dipilih IRF510 yang hanya Rp.7000,- Jika memakai MOSFET khusus RF harga sebuah bisa jadi Rp.200.000.-

Saya menggunakan tegangan 20V 3A dari power supply laptop. Attenuator berguna jika daya Rig 2W atau lebih. Rig eksperimen kali ini pakai homebrew UglyB1tch yang diset hanya keluar maksimal 1W saja.

Mungkin ini kunci keberhasilan Amplifier tidak osilasi. Daya supply ke Amplifier yang mentok cuma 1W saja. Pre Amp mic juga menentukan. Dengan pengaturan yang tepat, amplifier jalan stabil.

Toroid pakai FT50-43 dan BN-43312. Sedang lilitan final pakai kabel Termax lapis teflon 0.95. Mencoba juga pada tegangan 12-13.8V dan jalan lancar juga. Hanya set tegangan bias untuk mulai dari nol jika eksperimen ganti tegangan. Meski satu pabrik dan identik, ada beda karater bias antar IRF510. Saya cek dengan meraba panas yang dihasilkan dalam kondisi tanpa modulasi.

Jumper ferit saya tambahkan untuk supply ke gate IRF510 dan beberapa titik. Entah efektif atau tidak belum saya ukur. Untuk wadah amplifier HF ini pakai Box aluminium bekas. Eksperimen ini belum sampai tahap akhir dengan penambahan relay dan siap untuk dipakai sehari-hari.

Peace!

———————————–

Catatan soal Pi Pad Attenuator

Jika daya yang masuk Amplifier lebih dari 1W, gunakan Attenuator Pi Pad. Misal daya Rig 5W, maka digunakan attenuator 7dB. Jika daya Rig 2W, digunakan attenuator 3dB. Setalah itu dicari nilai resitor. Gunakan Matching Calculator untuk mendapat kombinasi nilai R. Soal dB, liat dB Calculator . Kadang perlu akal-akalan untuk dapat nilai R yang ideal. Misalkan nilai 4 R paralel seharga 150 diperoleh 37,5. Gunakan Calculator ini jika malas menghitung nilai paralel resitor :).

db

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s