Menjadi…

Yang Anda cintai bisa-bisa melawan seluruh kota. Bisa jadi semua berjalan ke kanan, Anda sendirian naik tangga ke atas. Semua makan nasi, Anda sendirian makan roti.

Manusia sebagai makhluk sosial yang berarti tidak bisa hidup tanpa orang lain. Entah secara fisik atau emosional, kita butuh orang lain. Koneksi Internet melengkapi sisi virtual dari hal ini.

Cuma hal ini sering kebablasan. Pakai seragam bersama jauh lebih nyaman dari pakai kaos oblong sendiri. Rasanya aneh kalau diri sendiri beda. Mau gak mau ikut arus jauh lebih aman.

Sekolah punya andil besar melatih seseorang untuk (sorry) TIDAK menjadi diri sendiri. Coba, mana ada identitas pribadi yang menonjol? Sepatu saja hitam semua 😁. Siap-siap kena point kalau anak Anda pakai sandal jepit.

Slogan disiplin sebenarnya hanya samaran dari tujuan biar gampang diatur bro! Disiplin – discere – belajar, belajar 2 aturan. 1. Yang buat aturan selalu benar. 2. Jika salah, liat no 1.

Memang mekanisme sekolah dibuat efisien, modular, dan terjadwal. Mesti sama alias seragam. Selama ada penilaian, maka ada standar pengukuran. Jika di luar standar, dianggap produk gagal 😁. Jangan protes sekolah, protes sana sama yang lahirkan.

Generasi X,Y, dan Z ya sama saja. Sepatu yang dipakai ke mall ya kalau gak N1k3 ya Ad1d45. Kok gak ada yang pakai bakiak misalnya 😁. Trend memang bahasa lain dari seragam yang lagi naik daun. Identitas bersama yang buat aman plus nyaman.

Menjadi sesuatu yang banyak orang cintai memang buat nyaman dalam konteks relasi sosial. Tapi ini tidak sehat. Menjadi diri sendiri punya resiko tidak semua bisa menerima. Tapi ini jalan yang benar.

Ini tidak mudah kawan, tapi layak untuk dijalani.

Be something you love and understand – Simple Man by Lynyrd Skynyrd

Peace!

Ps: Sekolah yang saya maksud ada di planet Mars ya. Sekolah yang di bumi baik-baik semua kok 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s