Next Project: MC3362 40M TRX BHR

Kemarin malam dapat PCB double layer + IC Motorola MC3362 gratis dari YD3DRI yang request ke BHR (Bogor Ham Radio) untuk eksperimen desain TRX karya mereka. Ini karya asli anak bangsa :).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

PCB mungil warna hijau ini berkiblat IC MC3362 yang praktis. Ukuran PCB double layer hanya se-kartu Starb***s lebih sedikit. Kualitas PCB terasa tinggi dan halus.

Hampir semua komponen yang digunakan termasuk standar dan mudah dicari dipasaran. Kecuali IC MC3362 hanya beberapa tempat yang menyediakan. Anda dapat memesan secara online. Harga chip ini hanya Rp.15.000,- (dibandingkan penggunaan NE612 yang sekitar Rp. 20.000,- satu buah dan butuh 2x).

Secara keseluruhan, desain TRX ini berbiaya murah dan sederhana (agar mudah dibuat siapa saja).

Sekilas pandang sebelum lanjut merakit. Melihat skema dan data sheet MC3362 lebih dulu. Abaikan jika ingin langsung nyolder 🙂

BPF (Band Pass Filter)

Ini menarik karena IFT 10,7 MHz yang digunakan tanpa modifikasi. Untuk RX digunakan 2 IFT, dan untuk Tx 1 IFT. Induktansi IFT berkisar 1,4 – 2,6 uH saat diputar. Dan kapasitor internal sekitaran 100 pF. Pada tune circuit paralel, kapasitor 150 pF + 100 pF akan menyebabkan resonansi di sekitaran frekuensi 6 – 8 MHz. Jadi di atas kertas, BPF ini jalan pada jalurnya.

Mixer

Karena proses Mixing terjadi dalam chip MC3362, maka secara alami noise lebih rendah dibanding penggunaan ring dioda mixer.

Penguatan output Mixer dan IF MC3362 sebesar 18-21 dB. Ada dua Mixer dengan masing-masing Mixer punya 3 input. Dua dipakai suka-suka, satunya lagi bisa untuk LO/BFO.

Board ini tidak tersesia rangkaian BFO dan VFO, jadi bisa disupply oleh DDS. Saat ini penggunaan Si5351 buat BFO/VFO mulai naik daun. Output impedansi Si5351 sebesar 50 Ohm, jadi aman saja langsung terhubung ke Mixer.

IF 8MHz – Ladder Xtal Filter

Ladder Xtal Filter menerima jatah signal dari Mixer 1 (penguatan 18dB, sekitar 10x) dan jika loss sebesar -3dB dari filter Xtal terjadi, maka mixer kedua akan menguatkan kembali sebesar 21 dB (sekitar 11x). Hanya saja untuk ukuran loss -3dB perlu dirancang filter yang cukup baik.

Dengan IF 8 MHz, frekuensi LO menjadi sekitaran 1 MHz (BFO-VFO). Frekuensi ini lebih rentan gangguan jika dibanding menggunakan IF 10 atau 12 MHz misalnya. Semoga saja Chip MC3362 bisa mengatasi hal ini. Semakin rendah IF secara teori lebih stabil dan hemat energi.

Potensi “Low Voltage” (Hanya angan saja).

MC3362 butuh minimal tegangan 2 V (sudah di drive 3V3) untuk bisa jalan. Sedang LM386 4V.

Jadi jalan tengah yang terbayang, bawa power bank tegangan 5V. Hanya solusi di Rx bisa jadi kendala di Tx.

Atau menggunakan modul penaik tegangan yang murah meriah habis perkara. Hanya saja, relay perlu diganti dengan 5V jika mau murni pakai 5V.

TX

Driver/Final TX menggunakan BD139 yang murah meriah. Lebih suka ini dari pada 2N2219 yang jauh lebih mahal dan potensi daya output yang lebih rendah. Daya output pemancar ini perkiraan 1/2 -1W saja. Jika ingin daya lebih besar, bisa dipasang pasang penguat linear HF sendiri.

FT8/SSB/CW

Dari semuanya, FT8 adalah satu fitur pembeda dari rancangan yang ada saat ini. Katanya “The latest bright shiny object”. Belum pernah coba. Tertarik buat coba selain mode SSB dan CW.

Akhirnya, teori dan angan saja gak cukup. Jadi langsung praktek saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s