Cerita “Problem Solving” Apha Channel di FCP X

Kemarin dimintai tolong oleh anak laki soal potongan animasi Alpha Channel yang gak jalan di Final Cut Pro X. Mau gak mau cari di Google soal ini.

Masalahnya saya sendiri gak pernah mainan FCP hehhehe. Juga agak asing sama Macbook yang jarang pakai. Perlu pemanasan dulu sambil mengingat masa lalu.

Akhirnya, feeling plus logika buat problem solving dipakai. Ada semacam gambaran dasar masalah, tapi kayak pakai bahasa asing negara Butan yang mau pipis aja mau omong liat kamus dulu.

Yang penting gak putus asa buat trouble shooting. Istilah persistent memang benar soal ini. Karena saya ingin anak saya ikut menyelesaikan masalah, jadi mode Low Power saja πŸ™‚

Dia mencari di Forum soal yang sama dan menunjukkan ke saya. Mencoba bareng langkah demi langkah soal proxy dan tetap gak bisa hehehe.

Sampai akhirnya dia menunjuk konversi dari QuickTime yang dia gak paham. Ini logika ndeso yang saya pakai buat jelaskan: kalau video /animasi yang di putar sama QuickTime bisa dimodif otomatis oleh QuickTime demi kebaikan bersama. Tinggal save nama lain saja.

Hasil modifikasi ini bisa dipakai di FCP X dan saat di coba potongan animasi yang sebelumnya “blank”, jalan lancar. Problem selesai.

Entah darimana dia menunjuk aplikasi QuickTime saya gak tahu. Saya tinggal ngopi dulu saat itu hehehhe. Cuma itu hasil penelusuran yang mengarah ke sana.

Ini bukan masalah besar bagi yang Jago mainan FCP. Cuma hal yang penting bagi saya sih adalah proses problem solving untuk sesuatu yang asing.

Alpha Channel bagi seorang anak adalah istilah asing. Transparent Proxy juga. Port 4444 juga.

Coba kompile ulang kernel Linux dengan thread mode Deadlock. Ini mungkin asing bagi banyak orang.

Cuma prinsip pemecahan masalah relatif sama dimana-mana. Langkah awal ya mesti “Persistent” alias gak gampang putus asa.

✌

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s