Mengasah Pisau Gumpil

Kemarin sudah buat gumpil satu pisau saat nge_plong lempeng aluminium 3mm. Mata pisau gumpil sangat gak nyaman dipakai. Mata pisau bagaimanapun punya “hati” 🙂 jika tidak diperbaiki, akan merasa sia-sia diabaikan. Ok saya perbaiki supaya berfungsi baik lagi.

Hanya pakai 2 alat saja. Geretan 45 derajat buatan Victorinox dan stick asah yang sering dipakai para koki di dapur. Paling tidak membuat mata pisau tidak gronjalan lagi seperti jalan berlubang.

Untuk pisau bahan baja dari per Jeep tidak terlalu butuh waktu lama. Sekitar 30 menit saja. Hasil dari geretan Victorinox selalu kasar. Maka perlu dihaluskan. Bisa pakai batu asah atau yang lain.

Mengasah pisau adalah ketrampilan yang mesti terus diasah hehehe. Saya juga masih belajar. Kalau sekedar mengasah saja, hasilnya jelek.

Sudut asah menentukan ketajaman pisau. Untuk pisau standar 20-22 derajat tiap sisi sudah cukup. Jika ingin tajam lagi bisa dibuat 15-17 derajat tiap sisi.

Semakin baik baja sebuah pisau, semakin bisa dibuat lebih kecil sudutnya. Resiko sudut asah semakin kecil,jika baja pisau jelek, maka gampang rusak saat dipakai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s