Ladder Xtal Filter

DSC_0067.JPG

Ini seperti antri ke ATM. Banyak saldo yang gak mencukupi hehehe. Cuma sedikit yang layak pakai lol Cari xtal identik dengan selisih frekwensi dasar +-10 Hz ternyata tidak mudah. Hanya ketemu 3 biji dari 25. Terpaksa saya beli 25 biji lagi. Padahal kurang 1 saja. Kecuali yang jual baik hati, tiap xtal diukur lebih dulu, ini kembali ke nasib.

Rangkaian tes pakai metode G3UUR untuk mencari selisih frekwensi tiap xtal untuk dihitung nilai kapasitansi dan induktansi internal. Spesifikasi pabrik tidak selalu tepat. Dari nilai tersebut bisa disimulasikan kerja filter yang diinginkan.

Ladder xtal filter untuk BPF memang satu bagian yang penting dari transceiver. Saking pentingnya, referensi 1/2 abad yang lalu dipakai sampai sekarang. Peralatan tester bisa yang murah meriah sampai bisa buat beli rumah.

Tapi saya terlalu pemaaf. Cukup frekuensi dasar saja sudah cukup. Sisa waktu bisa buat ngopi hehehhe. Jika ingin sempurna, beli rig jadi sekalian saja. Atau beli filter komersial yang dipakai pesawat NASA. “Cukup baik ” itu bukan musuh “terbaik” soal ini.

Peace!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s