Homebrew Balun 1:1

Eksperimen antena HF perlu balun (balance unbalance) 1:1. Harga dipasaran mulai dari ratusan ribu sampai jutaan. Buat sendiri cuma habis 10 ribuan šŸ˜.

Memang spirit murah meriah perlu dijaga, biar eksperimen jalan Lancar. Hasilnya tidak selalu bagus, tapi paling tidak ada keasyikkan tersendiri.

Ternyata hasil test pakai analyzer RigExpert AA-35 lumayan juga hehehe. Nilai SWR dengan beban resistor 52 Ohm di bawah 2:1.

4 tanggapan untuk “Homebrew Balun 1:1

  1. Oom, apakah balun trifilar hf, seperti diamond bu-50 dan hygain bn-86, bisa sekaligus berfungsi sebagai pembalik fase voltage, sehingga antena open dipole 1/4 lamda ketika dilengkapi balun trifilar, ujung2 antena akan berphase sama (positif voltage) dimana akhirnya akan bisa menambah gain antena ?
    Trims.

    1. Saya ada diamond bu-50 tapi tidak tau isinya seperti apa karena dicor hehe. Saya tidak yakin gain antena dipole bisa ditingkatkan gainnya oleh balun trifilar.Tapi bisa jadi saya salah.

      Memang normalnya ujung antena dipole akan “high voltage” & sisi inputan “high current” dari simulasi, mau diutak-atik gainnya ya segitu saja. Mungkin main ke 5/8 lambda lebih enak buat naikkan gain antena. Atau ke vertikal. Btw, gak pernah main pakai trifilar balun juga gak tau rangkaiannya seperti apa. Mungkin ada referensi?

      1. Maksud sy begini Oom, jika dipole 1/4 lamda diumpan langsung dari coax, memang di ujung antena akan terjadi voltase maksimal/hight, namun phase bentang kanan d kiri kan berbeda (+ dan -). Pemasangan transformer balun bermaksud menyamakan phase. Phase sama diharapkan pancaran/penerimaan menjadi lebih kuat (relatif)
        Mohon koment atas pemikiran itu ā€¦ā€¦
        (Untuk bu-50 dan bn-86 pernah bongkar isinya balun trifilar core ferrite, beda dgn kenpro ka-50 isinya toroid kayak choke).
        Rangkaian balun 1:1 trifilar sbgmana gbr pada blog yc0pe misalnya.
        Trims.

      2. Pemikiran sederhana saja. Menggeser phase apa tidak ikutan menggeser semua sisi? (Untuk gelombang yg sama). Phase yg disamakan? Anggap saja gel. sinus. Dengan jatah 1/4 lambda, normalnya sisi + dan – maksimal pada ujung. Anggap saja jika digeser 90Ā° phasenya, titik ref bergeser jadi maksimal +/-, ujung jadi 0 (mungkin ini yg dimaksud?) tapi amplitudo tetap sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s