Dari OrCAD ke KiCad

Tepatnya 25 tahun lalu di kampus belajar menggambar PCB (Printed Circuit Board)  pakai OrCAD yang programnya masih seukuran disket. Lumayan juga untuk menuntaskan minimum sistem processor Zilog 80 sampai lembur-lembur. Saat itu ada ratusan jalur ruwet yang mesti dihubungkan seperti isi TTS pakai pusing 7 keliling.

Setelah lamaaa tidak pernah pakai, waktunya update ketrampilan hehehe. Setelah survey sana-sini, akhirnya ketemu KiCad EDA. Kesan awal : Program ini intuitif. Meski belajar dari awal lagi, paling tidak insting otak purba yang terkubur 20 tahun lebih masih bisa aktif alias bangkit dari kubur. Shortcut yang seolah asal tebak banyak benarnya hehehe.

kicad1

Karena merasa yakin, saya membuat skema minimum sistem stm32f103 bluepill yang populer dan saya modif sedikit . Tidak mau buat yang sederhana dulu, langsung loncat agak jauh untuk pemula ibaratnya. Dan inilah realitanya, setelah jadi 1/3, kepala jadi pusing 7 keliling hehehe.  Kenapa-kenapa kok tidak dari awal saya putar 45 derajat chip utamanya ?

Jika pernah belajar naik sepeda, maka selamanya akan bisa meski lama tidak pernah sepedaan. Tapi urusan teknologi perangkat lunak tidak semudah analogi sepeda ini. Tetap perlu penyesuaian dan semestinya mulai dari yang sederhana dulu.

Omong-omong soal KiCad EDA, ini program opensource yang developernya sebagian dari CERN . Jadi bukan program ecek2 meski gratisan. Program ini bisa jalan di Windows, Mac , dan Linux.

Peace !

Update :

Akhirnya jadi juga 🙂 119 rute. Hanya memberi tambahan dioda saja agar tidak bentrok saat supply dari luar dan USB bertemu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s